Datally, Aplikasi yang Diklaim Google Dapat Hemat Penggunaan Data

Minggu, 03 Desember 2017 | 12:57
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Foto: 9to5Google

INDOPOS.CO.ID - Google baru saja meluncurkan aplikasi yang diklaim dapat menghemat penggunaa data Internet hingga 30 persen. Peranti lunak tersebut dibuat untuk me-manage penggunaan data atau kuota pada smartphone.

"Aplikasi ini kita buat dengan maksud agar pengguna ponsel pintar dapat mengerti penggunaan data mereka," jelas Vice President Tim Next Billion Users Google, Caesar Sengupta saat peluncuran Datally di Sentral Senayan kamis (30/11) lalu.

Google membuat aplikasi ini setelah melakukan studi di Indonesia dan negara-negara berkembang lainnya selama 2 tahun terakhir. Ide awal pembuatan Datally ini muncul lantaran masyarakat seluruh dunia sering kali terkendala kuota untuk dapat mengakses internet. Belum lagi mereka terkadang sangat menghemat penggunaan data untuk berinternet.

Aplikasi ini dibuat dengan maksud untuk mengatasi kesulitan mengendalikan data yang mereka gunakan. Begitu pun penghitungan penggunaan mobile data yang bisa sangat membingungkan. Ditambah lagi harga paket data juga tidak murah. "Karena itu, mereka harus menyesuaikan penggunaan data mereka," jelas Caesar.

Lalu bagaimana sesungguhnya aplikasi ini bekerja, apakah benar-benar akan bisa menghemat penggunan data hingga 30 persen sebagaimana diklaim oleh Google?

Sebelum mendownload aplikasi ini, pastikan bahwa ponsel pintar anda merupakan ponsel dengan sistem operasi Android Lolipop (5.0), perlu diketahui juga aplikasi ini baru dapat digunakan oleh pengguna Android, untuk sistem operasi lain seperti iOS belum diketahui kapan akan dapat menggunakan ini.

Aplikasi ini telah tersedia di Google PlayStore sejak kamis (30/11) lalu dan sudah bisa diunduh serta digunakan oleh pengguna Android di seluruh dunia.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai aplikasi ini, agar tujuan utama dari dibuatnya Datally untuk menghemat kuota internet benar-benar dapat dirasakan, antara lain:

Pertama, Pastikan telah mengunduh Datally di PlayStore dan kemudian membuka aplikasi untuk serangkaian prosedur awal penggunaan. Jika ada pertanyaan jawab saja Yes/Allow.

Kedua, setelah melalui serangkaian prosedur singkat, pengguna sudah bisa menggunakan aplikasi ini. Datally membantu mengetahui kemana saja kuota digunakan, untuk keperluan apa saja, dan untuk aplikasi-aplikasi mana saja yang tanpa disadari membutuhkan kuota untuk dapat berjalan.

Ketiga, nyalakan fitur Data Save dan pilih (Manage data) yang ada pada tengah-tengah layar ponsel. Pemilik smartphone bisa memilih aplikasi apa saja diizinkan untuk menggunakan data, dengan menyentuh Simbol Gembok yang ada pada sisi kanan.

Keempat, setelah memilih aplikasi mana saja yang diizinkan menggunakan data, aktifkan Fitur Ballon Pop Up untuk memantau data. Menariknya fitur ini akan secara otomatis mengkalkulasi dan menampilkan jumlah data yang telah anda gunakan.

Kelima, pengguna smartphone bisa memilih untuk berapa lama jangka waktu yang diinginkan menggunakan data. Pada Datally tersedia waktu harian, mingguan, dan bulanan. Sehingga pengguna internet di telepon pintar benar-benar mengetahui persis kemana kuota anda teralokasikan.

Pada aplikasi Datally juga terdapat fitur Find WiFi yang berguna untuk mencari dan mengidentifikasi kualitas WiFi apakah baik atau tidak. Fitur ini berguna ketika anda benar-benar mengalami kehabisan kuota data anda.

Dengan penggunaan yang tepat dan cermat, memprioritaskan pemberian data kepada aplikasi tertentu, Google mengklaim dapat menghemat hingga 30 persen sepertinya akan bisa dicapai. Bayangkan, jika sebulan menggunakan data hanya 5 GB saja dan selalu habis sebelum waktunya, karena 1,5 GB terbuang oleh aplikasi yang tidak digunakan. Dengan menggunakan Datally pengguna smartphone bisa mendapatkan kuota secara utuh dan tidak bocor ke aplikasi yang tidak penting. (jpg)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%