Kompetisi Robotik Madrasah, Angkat Daya Saing dan Marwah Pendidikan Islam

Kamis, 23 November 2017 | 20:05
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
para peserta ajang kompetisi robotic Madrasah antusias mengikuti penilaian dewan juri yang memperebutkan hadiah ratusan juta

INDOPOS.CO.ID - Kompetisi Robotik Madrasah, jadi salah satu rangkaian kegiatan empat hari Internasional Islamic Education (IIEE) atau Expo Pendidikan Islam Internasional (EPI) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan, 22-24 November 2017. Kegiatan Kompetisi Robotik ini yang diselenggarakan Kementerian Agama (Kemenag) ini merupakan tahun ketiga setelah dilaksanakan berturut-turut sejak 2015 dan merupakan bagian tak terpisahkan dari EPI. Lewat pameran ini, Kemenag ingin mengangkat daya saing dan marwah Madrasah

Ketua panitia Kompetisi Robotik Madrasah A. Umar mengatakan, tujuan dari kegiatan ini guna mempromosikan bahwa pendidikan Islam di Indonesia, termasuk pendidikan dasar madrasah, tidak anti pada teknologi. Banyak siswa-siswi madrasah yang memiliki bakat dan minat di bidang robotik dan bahkan sudah banyak pula yang sampai menjuarai robotik di tingkat internasional. Ini, kata Umar, menunjukkan bahwa pendidikan Islam di Indonesia juga memiliki kualitas dunia.

“Ini sesuai dengan harapan dari Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama selaku penyelenggara kompetisi Robotik Madrasah ini. Dimana dengan kegiatan kompetisi ini diharapkan mampu menghasilkan siswa-siswi madrasah yang memiliki kemampuan di bidang robotik berkelas dunia,” klaim Umar di sela pamerah, Kamis (23/11) sore.

Selain itu, lanjut Umar, kompetisi Robotik Madrasah diharapkan bisa meningkatkan daya saing dan mengangkat marwah madrasah. Adapun peserta dari kompetisi ini diikuti oleh 166 siswa-siswi madrasah atau 83 tim dari sejumlah provinsi di Indonesia.

Tak kurang 166 siswa-siswi dari 83 Madrasah di seluruh Indonesia turut serta dalam Kompetis Robotik Madrasah 2017 ini. Selain adu canggih robot ciptaan masing-masing, siswa-siswi madrasah yang terampil itu juga memperebutkan hadiah senilai total Rp 250 juta.

Kompetisi tahunini, panitia menambah dua kategori. Satu kategori untuk tingkat MTs (Tsnaywiyah=SMP) dan tingkat MA (aliyah-SMA) yaitu kategori Rancang Bangun Mekanika (Discovery Robot). Kompetisi robotic pertama di dunia ini telah diselenggarakan untuk ketiga kalinya, dimana pada 2015 berlangsung di Cilandak Town Square Jakarta Selatan dan tahun 2016 di Mall of Indonesia Jakarta utara. Sedangkan tahun 2017 ini dilaksanakan di ICE BSD Tangerang Selatan Banten dan diikuti oleh madrasah mulai jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), MTs, dan MA, baik madrasah swasta maupun negeri. (ers)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%