Aplikasi Regla IFRS 9 Siap Dukung Aktivitas Perbankan

Rabu, 27 September 2017 | 13:44
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
DIAPRESIASI : Para klien yang menggunakan jasa aplikasi Emerio Regla IFRS 9. Foto: Iwan Triwahyudi/ Indopos

INDOPOS.CO.ID - Telah menjadi kesepakatan dunia bahwa pada 2018 standar pelaporan keuangan dan akuntansi perbankan dan lembaga jasa keuangan akan menggunakan standar IFRS 9. Di Indonesia, IFRS 9 akan mulai diberlakukan pada 2020. IFRS 9 merupakan program yang diaplikasikan oleh perbankan untuk menunjang kegiatan transaksi harian mereka.

Emerio, penyedia solusi teknologi informasi memberikan dukungan kepada industri keuangan Indonesia untuk mengimplementasikan IFRS 9 dengan menghadirkan Emerio Regla IFRS 9. “IFRS 9 atau di Indonesia dikenal sebagai PSAK 71 merupakan standar baru yang akan menggantikan standar yang berlaku saat ini (IAS 39 atau PASK 55), yang akan berlaku efektif 2018 hampir di seluruh dunia dan pada 2020 di Indonesia,” kata Presiden Direktur Emerio Indonesia, Michael Tanong di Jakarta, beberapa waktu yang lalu.

Menurutnya, tantangan yang dihadapi dalam implementasi IFRS 9 adalah ketersediaan data dan kualitas data, kemampuan bank untuk melakukan prediksi dengan menggunkan risk management technic dan pentingnya tools statistic untuk mendukung perhitungan tersebut. 
 
Michael mengatakan perekonomian Indonesia semakin terkoneksi dengan perekonomian dunia. Sebab, Indonesia merupakan negara yang menjadi bagian dari komunitas bisnis global, dimana hubungan antarnegara secara internasional kian saling terintegrasi. Karena hal yang demikian pula, Indonesia harus menggunakan bahasa bisnis yang sama dengan best practice global.
 
Dalam aspek standar akuntansi dan keuangan, Indonesia harus menggunakan standar akuntansi dan keuangan yang berlaku dan diterima di seluruh dunia. Itulah kenapa, Indonesia dalam beberapa tahun belakangan semakin gencar mempromosikan penggunaan standar akuntansi keuangan yang telah berkonvergensi dengan IFRS di entitas publik di Indonesia. Dan salah satu standar yang akan berlaku dalam waktu dekat adalah IFRS 9.
 
Salah satu perubahan yang paling signifikan di IFRS 9 adalah perubahan paradigma dari backward looking menjadi forward looking. Konsep itu berawal dari salah satu studi terhadap krisis keuangan pada 2008 lalu dimana konsep pencadangan di IAS 39 saat ini dianggap terlalu sedikit dan terlalu lambat dicadangkan.
 
Adanya perubahan terhadap pelaporan keuangan dan akuntansi menuntut perbankan dan lembaga jasa keuangan lainnya untuk siap dan melakukan perubahan. Emerio Regla IFRS 9 hadir guna mendukung industri keuangan agar dapat selaras atau comply dengan ketentuan IFRS terbaru.
 
Regla merupakan platform solusi untuk mendukung industri keuangan dalam hal transformasi menyeluruh untuk menghasilkan keputusan-keputusan strategic business. Regla menyediakan end-to-end solution dengan adaptasi terhadap teknologi terbaru dan tersedia dalam berbagai flavor technology database, operating system, dan infrastructure termasuk cloud. 
 
“Regla menjawab kebutuhan klien Emerio, yang 90 persen merupakan perbankan dan institusi keuangan, terkait kebutuhan perhitungan, pelaporan kepada pihak regulator, baik Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maupun Bank Indonesia (BI), serta kebutuhan internal bank, atau pelaporan ke grup usaha, yang menuntut pelaporan tersebut comply terhadap IFRS standar tertentu,” tegas Michael Tanong. (vit)

Editor : Novita Amelilawaty
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%