Madrasah Raih Prestasi Inovasi Robot di Tingkat Dunia

Sabtu, 29 Juli 2017 | 17:40
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
kompetisi robot

INDOPOS.CO.ID - Madrasah selama ini identik dengan lembaga pendidikan di bidang agama Islam. Tapi berbeda dengan madrasah yang satu ini, Madrasah Aliyah Technonatura yang berada dibilangan Depok. Pada kompetisi kejuaraan robot internasional yang digelar pada 16 hingga 18 Juli lalu, mereka berhasil menyabet medali perak bidang rekayasa inovasi.

" Industri di Indonesia membutuhkan inovasi. Para inventor-inventor muda ini memiliki bakat yang bagus. Apalagi mereka dari madrasah, adalah hal yang tidak biasa," ujar Senior Principal Expert Media and Digital Business Telkom Sri Safitri di Jakarta, Sabtu(29/7).

Dia mengatakan, bakat siswa dari Madrasah Aliyah Technonatura bisa memberikan energi positif bagi generasi muda lain. Tentu hal ini harus didukung oleh pemerintah dengan mengembangkan kurikulum, terutama pada Science, technology, engenering Art Mathematics(STEM).

" Kami memberi kesempatan kepada mereka untuk maju," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Techonatura Tras Rustamaji mengungkapkan, siswa didiknya sudah terbiasa dengan berkarya di bidang engenering. Sebelum ikut dalam kompetisi, selama dua bulan siswanya mengikuti seleksi di bidang sistem engenering.

" Kami bangga dengan prestasi mereka, mereka sudah berusaha dengan luar biasa. Ini membuktikan anak didik kami bisa berkarya dan suka inovasi teknologi," ujarnya.

Dia menegaskan, program pembelajaran di Madrasah Aliyah Techonatura mendapat dukungan dari dunia industri. " Kami kembangkan STEM sejak siswa duduk di jenjang SD," katanya.

Si tempat yang sama, Hisyam Wahono, salah satu siswa Madrasah Aliyah Techonatura yang menjadi peserta di kejuaraan robot internasional mengaku suka dengan engenering sejak kecil. Tidak sulit, menurutnya untuk mencari tim robotik. Dia menuturkan, ide kreatif mesin robot WowWi diperoleh dari banyak mesin di dunia.

" Kompetensi di First Global Challenge Olympic Robot Competition 2017 di USA sangat menegangkan dan seru. Banyak pengalaman kami peroleh di sana," ujarnya.

Dia menyebutkan, ada 157 negara yang mengikuti kompetisi robot tersebut. Dalam kompetisi tersebut, menurutnya peserta diajarkan untuk bekerja sama dengan peserta dari negara lain.

" Kami mengikuti 2 game. Seru, kami belajar mengeksplor habis tentang inovasi engenering dengan peserta dari negara lain," katanya. (nas)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
100%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%