Indonesia Pengguna Blackberry Massenger Terbanyak di Dunia

Senin, 06 Maret 2017 | 10:40
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share

INDOPOS.CO.ID - Menurut data yang dilansir sebuah perusahaan analitik digital -SimilarWeb, dari 187 negara pengguna Android di dunia, 109 negara memilih WhatsApp sebagai aplikasi pesan instan terfavorit. Walau demikian yang menarik dari data tersebut, Indonesia adalah negara satu-satunya pengguna terbesar Blackberry Messanger (BBM). 

Aplikasi pesan instan merupakan salah satu aplikasi paling penting dan paling banyak digunakan pada smartphone. BBM adalah aplikasi perpesanan pertama yang booming di Indonesia menggantikan pesan singkat atau SMS. Kepopuleran BBM saat itu juga didukung dengan kemudahan yang diberikan penyedia jasa internet yaitu paket internet khusus bagi pengguna BBM, sehingga perpesanan melalui BBM lebih hemat ketimbang dengan SMS.

Seiring berjalannya perkembangan smartphone berbasis Android dan IoS, banyak berkembang aplikasi pesan singkat lainnya mulai menyaingi BBM, seperti WhatsApp, LINE, Messanger, WeChat, Kakao Talk dan sebagainya. Namun dari data SimilarWeb BBM tetap masih diminati di Indonesia, sebanyak 87.5% pengguna Android di Indonesia telah menginstal BBM.

Data tersebut didukung oleh data dari BBM Indonesia, sebanyak 190 juta pengguna smartphone baik Andorid dan iOS telah mendaftar BBM, dengan pengguna aktif lebih dari 65 juta rata-rata per bulannya. 

Namun BBM, aplikasi pesan singkat buatan Blackberry, ternyata banyak diakses melalui smartphone berbasis Android yaitu sebanyak 57 juta, ditempat kedua dengan perbandingan angka yang cukup jauh yaitu sebanyak 5 juta menggunakan smartphone Blackberry dan disusul dengan smartphone iOS sebanyak 3 juta, sisanya menggunakan smartphone lainnya. 

Blackberry Keluarkan Produk Baru Khusus untuk Indonesia

Blackberry akhirnya mengeluarkan produk terbarunya di tahun 2017, khusus untuk pasar Indonesia. Smartphone Blackberry ini pun untuk pertama kalinya berbasis Android dan diproduksi di Indonesia oleh PT BB Merah Putih. 
 

PT BB Merah Putih merupakan perusahaan join venture Blackberry dengan Tiphone Mobile Indonesia Tbk, yang merupakan afiliasi dari PT Telkom Indonesia.

“BB Merah Putih terdiri dari perusahaan dengan latar belakang yang kuat dalam menyediakan layanan mobile yang inovatif kepada para pelanggannya, membuat joint venture yang baru terbentuk ini sebagai kemitraan sempurna untuk menawarkan software mobile BlackBerry yang aman dan terpercaya, tersedia secara eksklusif bagi konsumen Indonesia," kata CEO dan Chairman BlackBerry, John Chen, dalam keterangannya, Senin (6/3).

Blackberry Aurora C101-1 adalah nama yang dipilih Blackberry untuk produk khusus pasar Indonesia ini. Dibandrol dengan harga 3 jutaan, Blackberry Aurora tampil dengan design yang elegan. Layar lebih lebar, 5,5 inci beresolusi HD 72 x 1280 pixel, tanpa keybord QWERTY. 

Untuk performa kecepatan prosesor dan memori, Blackberry Aurora didukung dengan Chipset MSM 8917 1.4 GHz Qualcomm Snapdragon berdampingan dengan RAM 4 GB, menghasilkan kinerja dan performa yang lebih responsif. Blackberry berbasis Android pertama ini pun sudah dilengkapi Sistem Operasi Android terbaru, yaitu Android 7 Nougat.

Kamera dari Blackberry ini cukup menghasilkan gambar yang tajam, baik foto maupun video. Dengan kamera belakang beresolusi 13 megapiksel yang dilengkapi dengan Auto Focus, dan kamera depan yang beresolusi 8 megapiksel.
 

Smartphone Blackberry terbaru dengan harga terjangkau ini sudah bisa Pre-order secara online mulai 3 Maret hingga 12 Maret 2017 di Alfacart.com.

Chief Marketing Officer Alfacart.com,  Haryo Suryo Putro mengatakan, dengan jaringan distribusi yang terbesar se Indonesia dan sistem Online to Offline (O2O) Alfacart.com ingin seluruh masyarakat di mana pun di Indonesia dapat memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses produk-produk terbaru, Blackberry Aurora ini salah satunya. Pilihan cara pembayaran offline di lebih dari 12.000 toko Alfamart se-Indonesia, dan pesanan yang bisa diambil di lebih dari 8000 toko Alfamart, memberikan kenyamanan dan kepercayaan dalam berbelanja online.

“Walau kini kami masuk sebagai e-commerce terbesar untuk pasar belanja online kebutuhan sehari-hari (groceries), kami juga menyediakan produk lainnya, seperti gadget dan elektronik, fashion, serta kebutuhan gaya hidup lainnya. Kami juga melihat daerah pengguna BBM dan smartphone BB sama dengan kota-kota pembelanja online terutama Alfacart, seperti Jabodetabek, Jawa Timur, Jawa Tengah,” kata Haryo dalam keterangannya, Senin (6/3). (rmn)

Editor : Ali Rahman
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%