CES 2017

Bosch Luncurkan Sensor Tekanan Udara dengan Ukuran Terkecil

Selasa, 10 Januari 2017 | 15:20
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share

INDOPOS.CO.ID - Bosch Sensortec meluncurkan BMP380, sensor tekanan udara terkecil dan berkinerja terbaik yang berukuran kompak, yaitu hanya 2,0 x 2,0 x 0,75 mm³.

Sensor BMP380 ditujukan bagi pasar game yang sedang berkembang, olahraga, manajemen kesehatan, serta navigasi indoor dan outdoor. Dengan mengukur tekanan udara, sensor memungkinkan drone, ponsel pintar, tablet, perangkat mobile, dan perangkat teknologi lainnya untuk dapat menentukan perubahan ketinggian secara akurat, pada lingkungan indoor maupun outdoor.

Sensor BMP380 terbaru ini menawarkan fleksibilitas desain yang luar biasa, ditambah paket solusi tunggal yang dapat dengan mudah dipadukan dengan berbagai jenis aplikasi maupun perangkat yang sudah ada sebelumnya maupun yang akan datang.

Aplikasi khas untuk BMP380 termasuk stabilisasi ketinggian di drone, di mana informasi ketinggian digunakan untuk  meningkatkan stabilitas penerbangan dan akurasi pendaratan. Kemampuan ini mempermudah pengemudian drone, sehingga membuat drone menjadi semakin diminati oleh lebih banyak pengguna. Sensor BMP380 juga secara signifikan dapat meningkatkan akurasi pengukuran pengeluaran kalori pada berbagai perangkat teknologi maupun perangkat mobile, seperti misalnya memastikan apakah seseorang sedang berjalan menaiki atau menuruni tangga, melalui aplikasi pelacakan langkah.

Terutama di lingkungan berbukit, kemampuan ini memungkinkan para pelari dan pesepeda untuk secara signifikan meningkatkan akurasi pemantauan kinerja mereka. Pada ponsel pintar, tablet, dan perangkat teknologi lainnya, sensor ini memberikan tingkat ketelitian yang belum pernah ada sebelumnya pada navigasi indoor/outdoor serta aplikasi lokalisasi, yaitu dengan memanfaatkan data ketinggian untuk menentukan letak lantai pengguna dalam sebuah gedung dan memperbesar akurasi GPS di luar ruangan. 

Data tekanan dan suhu udara dapat disimpan di dalam FIFO berkapasitas 512 byte yang telah terpasang pada perangkat (built-in). FIFO terbaru dan fungsi interrupt memberikan akses mudah kepada data dan penyimpanan. Hal ini sangat memudahkan penggunaan perangkat sembari di saat yang sama membantu mengurangi konsumsi daya menjadi hanya 2.0µA untuk 1Hz selama pemakaian penuh.

Sensor ini lebih akurat dibandingkan pendahulunya, dengan cakupan pengukuran yang luas, mulai dari 300 hPA hingga 1250 hPA. Pengujian pada lingkungan kehidupan nyata telah membuktikan akurasi relatif dari +/-0.06 hPa (+/-0.5m) pada suhu udara antara 25°C hingga 40°C. Akurasi absolut antara 300 dan 1100 hPa adalah +/- 0.5 hPa pada suhu udara antara 0°C hingga 65°C.

Sensor tekanan udara terbaru ini memperlihatkan rasio harga-kinerja yang menarik, ditambah dengan konsumsi daya yang rendah. Ukuran paket yang kecil, yakni hanya 2,0 x 2,0 x 0,75 mm³, sesuai dengan standar industri terbaru dan lebih dari sepertiga lebih kecil dibandingkan generasi sebelumnya, BMP280, sehingga menawarkan fleksibilitas penempatan yang lebih tinggi.

“Kami sangat gembira akan peluang yang dibuka oleh sensor ini, sehingga para perancang dapat semakin memajukan produk-produk mereka,” ujar Jeanne Forget, Vica President Global Marketing di Bosch Sensortec dalam keterangannya, Selasa (10/1).

“Produk kami tidak tertandingi dalam lingkupnya, ketelitian dan footprint, serta menghadirkan peningkatan untuk lokalisasi outdoor, sehingga mengurangi ketergantungan kita pada sinyal GPS," tambah dia. 

Fitur-fitur yang sangat luar biasa serta spesifikasi kinerja yang solid pada BMP380 merupakan hasil akan lebih dari satu dekade pengalaman yang dimiliki oleh Bosch dalam bidang manufaktur sensor tekanan MEMS. Bosch menciptakan proses “Advanced Porous Silicon Membrane” (APSM) yang benar-benar baru untuk pembuatan sensor tekanan MEMS dan telah menggunakan teknologi ini untuk memproduksi lebih dari satu miliar sensor tekanan.

Sekarang, Bosch adalah penyedia MEMS nomor satu dan pemimpin industri dalam bidang sensor tekanan udara. Sensor ini akan tersedia untuk pelanggan terpilih dengan awal promosi pada kwartal kedua di tahun 2017. (rmn)

Editor : Ali Rahman
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%