CESĀ® 2017

Bosch Tampilkan Beragam Solusi Pintar di Las Vegas

Kamis, 05 Januari 2017 | 17:05
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share

INDOPOS.CO.ID – Selama 5-8 Januari 2017, di ajang CES® 2017 yang berlangsung di Las Vegas, Bosch memperlihatkan bagaimana konektivitas mengubah barang-barang menjadi mitra, pendamping, dan asisten. Di pameran dagang tersebut, penyedia layanan dan teknologi global terkemuka ini menghadirkan berbagai solusi inovatif dalam bidang-bidang berikut: rumah pintar, kota pintar, mobilitas terhubung, Industry 4.0, dan teknologi sensor. Seluruh teknologi dihadirkan untuk menjadikan hidup lebih mudah, lebih nyaman, dan lebih aman. Lokasi booth Bosch berada di Central Hall, #14128.

Rumah pintar: menjadikan keseharian di rumah lebih mudah dan lebih aman

Sistem rumah pintar dari Bosch memungkinkan pemilik rumah untuk mengendalikan beragam peranti yang saling terhubung di rumah melalui satu aplikasi saja. Pada ajang CES, Bosch memperlihatkan bagaimana perusahaan telah meningkatkan sistem yang ada dengan beberapa teknologi lanjutan seperti pendeteksi asap dan gerakan - yang bisa menjalankan fungsi-fungsi tambahan, dan manajer skenario - yang memungkinkan rumah dengan sistem terhubung menjadi lebih intuitif. Teknologi ini juga mempermudah hidup penggunanya. Sebagai contoh, saat meninggalkan rumah, pemilik kediaman tidak perlu lagi memeriksa apakah pemanas ruangan, alat elektronik, atau lampu dalam kondisi mati atau belum. Manajer skenario dalam Bosch Smart Home App mampu membaca rutinitas harian di rumah dan bisa diaktifkan untuk mengerjakannya secara mudah melalui ujung jari.

Kota pintar: meningkatkan kualitas hidup, efisiensi energi, dan keamanan

Solusi untuk kota cerdas: Pada ajang CES, Bosch menampilkan solusi di bidang mobilitas, teknologi energi dan bangunan, keamanan, dan pemerintah kota digital. Terkait dengan mobilitas, teknologi yang ditampilkan termasuk sistem pemantauan lingkungan dan teknologi parkir terhubung, serta tak ketinggalan manajemen armada, mobilitas elektronik (e-mobility), dan solusi transportasi intermodal. Sementara, terkait dengan energi, turut ditampilkan pembangkit listrik virtual, pemanas hemat energi, sistem air panas dan pendingin, serta teknologi penyimpanan energi. Termasuk ke dalam sistem keamanan yaitu teknologi proteksi kebakaran, sistem kontrol akses, dan solusi pengawasan video. Untuk bangunan tempat tinggal, Bosch menawarkan Smart Home Technology dan peralatan rumah tangga yang saling terhubung.

Industry 4.0: menghubungkan orang, mesin, dan benda-benda pada waktu yang sesungguhnya

Dengan IoT Gateway, Bosch membawa kelebihan industri terhubung kepada operator mesin-mesin tradisional yang belum memiliki prasyarat produksi berjaringan seperti sensor, perangkat lunak, atau koneksi ke koneksi TI perusahaan. Sistem terhubung memadukan teknologi sensor, perangkat lunak, dan manajemen industri yang diaktifkan oleh IoT, sehingga memungkinkan untuk memantau status mesin.

Teknologi sensor pintar: Sensor mungil memungkinkan timbulnya konektivitas

Sensor MEMS: Sensor MEMS Bosch yang mungil (Microelectromechanical systems) kini terdapat di kendaraan, ponsel pintar, konsol permainan, tablet, dan beragam perangkat lainnya. Teknologi ini memungkinkan penggunaan aplikasi pada konsumen, perangkat elektronik, dan mobil. Walaupun ukurannya mungil, namun kinerjanya sangat efektif: Mampu menyelamatkan nyawa, menghemat energi, serta membuat kegiatan berkendara menjadi lebih nyaman. Sensor MEMS Bosch merupakan mata dan telinga bagi jutaan perangkat elektronik. Pada ajang CES 2017, Bosch menampilkan sensor MEMS terbaru untuk aplikasi di permainan, olahraga, dan kesehatan.

Platform sensor XDK untuk pengembangan solusi IoT terbaru: Dengan platform sensor XDK, Bosch menawarkan platform perangkat keras dan perangkat lunak dengan berbagai tipe sensor, Bluetooth, dan koneksi WiFi. Komponen di dalamnya termasuk sensor akselerasi dan sensor tingkat keolengan, magnetometer, serta sensor yang mengukur volume suara, kelembapan, tekanan udara, suhu udara, dan cahaya digital. Perusahaan dapat menggunakan platform sensor untuk mengembangkan solusi IoT yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Platform sensor XDK mudah dipasang dan dapat disesuaikan dengan aplikasi individu.

CES Innovation Awards: Empat penghargaan untuk solusi Bosch

Solusi sepeda motor mendapat penghargaan: Solusi sepeda motor Bosch mendapat total tiga penghargaan. Sistem informasi pengemudi kelompok konektivitas terintegrasi (ICC) mendapat penghargaan untuk kategori In-Vehicle Audio/Video dan kategori Vehicle Intelligence. ICC memadukan berbagai instrumen sepeda motor dalam satu tampilan dan membuat pengendara dapat menautkan ponsel pintar mereka dengan unit kendaraan, sehingga mereka dapat menggunakan aplikasi tertentu.

Sistem secara otomatis akan menyesuaikan tampilan dengan pemakaian saat ini. Ini artinya pengemudi hanya dapat melihat informasi yang diperlukan sesuai dengan keadaannya pada saat itu. Di samping ICC, solusi keselamatan unit konektivitas lean juga mendapat penghargaan pada kategori Vehicle Intelligence. Solusi tersebut menghubungkan ponsel dengan sepeda motor kecil dan skuter melalui Bluetooth.

Pemanas air terhubung: Pemanas air Greentherm 9000iSE juga menerima penghargaan CES Award. Melalui sebuah aplikasi, perangkat ini dapat dengan mudah dinyalakan dari jarak jauh, melalui ponsel pintar atau tablet. Pengguna juga dapat mengatur suhu air atau memantau status pemakaian pemanas air. Bila terjadi masalah pada alat, pemanas akan memberikan pemberitahuan kepada pengguna melalui ponsel pintar mereka. (rmn)

Editor : Ali Rahman
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%